GameFileNews

Load Your Game File

Yakuza 0

Sebelumnya Penulis sempat membuat artikel mengenai Game “Judgment“, yang merupakan Spin-Off Yakuza Series. Mungkin cukup banyak yang masih belum tahu ataupun memainkan satupun Game Yakuza, dan nampaknya itu wajar. Yakuza Series jarang di dengar oleh banyak Gamer termasuk di luar Jepang karena penjualan Yakuza (PS2) di luar Jepang kurang memuaskan.

Penulis sendiri baru mengetahui soal Yakuza Series sekitaran Akhir Bulan April 2019 lalu, tertarik ingin memainkan karena banyaknya Memes dari game Yakuza 0 bertebaran di Sosial Media.

Alasan lain memainkan Yakuza 0, Majima Goro-chan!

Berawal dari iseng, tak di sangka Penulis menjadi semakin terarik untuk memainkan seri lain nya setelah Yakuza 0. Jika harus menjelaskan, Penulis bisa mengatakan 1 kata mengenai Yakuza Series, “UNIK“.

Kali ini, Penulis akan membahas soal game Yakuza 0, dan mengapa Penulis begitu menyukai, bahkan mencintai game ini.

Plot Yang Begitu Kompleks Dan Penuh Twist

Cerita nya berfokus pada 2 karakter utama, Kazuma Kiryu dan Majima Goro. 2 Karakter nya juga berada di 2 kota yang berbeda, Kiryu di Kamurocho, dan Majima di Sotenbori. Setting waktu Yakuza 0 berada di tahun 1988.

Young Dragon of Dojima, Kazuma Kiryu.

Kazuma Kiryu adalah seorang Yakuza kelas bawah yang mencoba meraih level teratas, bersama Teman Karib nya, Akira Nishikiyama. Satu malam merubah nasib Kiryu, di mana ia di tuduh membunuh seseorang dan di buru oleh hampir seluruh Yakuza di kota Kamurocho. Mau tak mau, Kiryu harus membersihkan nama nya dengan segala upaya meskipun itu harus membunuh nya. Petualangan Kiryu membawanya ke berbagai kejutan yang tak ia kira dan Rahasia mengenai kota Kamurocho yang semakin ia ketahui.

Young (But Still Wild) Mad Dog of Shimano, Goro Majima.

Di kota lain yaitu Sotenbori, Majima Goro adalah seorang pemilik Klub Malam bernama Grand dengan masa lalu kelam, bahkan terus menghantuinya selama beberapa tahun. Satu malam merubah nasib Goro untuk selamanya, di mana ia di beri tugas untuk membunuh seseorang, membawanya ke petualngan penuh kejutan tak terduga bagi Goro.

Kesampingkan Side Quest, Main Story dalam Yakuza 0 terbilang cukup panjang, yaitu 30 Jam lebih. Namun karena banyaknya Twist tak terduga dan Plot yang berselingan (berganti karakter setiap 2 chapter), membuat kita semakin penasaran apakah yang akan terjadi selanjutnya. Sulit untuk berpaling setiap kali Cutscene muncul, karena di situ lah hal-hal unik dan tak di duga muncul, bahkan tak jarang di selipkan Scene lucu yang bakal membuat pemain nya tertawa terpingkal-pingkal agar tidak terlalu menanggapi cerita nya terlalu serius, dan ya cerita nya memang Intense dan kompleks.

Yang Penulis jabarkan soal plot di atas itu masih 1/3 dari keseluruhan cerita, karena memang Penulis memainkan game ini tanpa mengetahui apapun soal plot nya, dan Penulis bersyukur tidak terkena sedikitpun Spoiler mengenai game ini.

Gameplay Yang Variatif

Kedua karakter utama memiliki 3 Fighting Style yang berbeda.

Kiryu dengan Brawler (Style yang lebih condong ke Street Fight biasa), Beast (Style yang lebih condong ke Strength yang brutal bak monster), dan Rush (Style yang condong ke Fast-Paced atau ingin bertinju dengan cepat).

Majima dengan Thug Style ( Hampir serupa dengan Brawler Style milik Kiryu ), Slugger Style (Menggunakan Pemukul Bat dalam bertarung), dan Breaker Style (Bertarung sambil menari).

Setiap karakter memiliki 1 Fighting Style yang hanya bisa di unlock setelah menyelesaikan Side Quest Spesial nya masing-masing. Masing-masing Fighting Style nya bisa di upgrade menggunakan Uang yang kita kumpulkan dari musuh maupun Side Quest Random yang terdapat di kota.

Beradu tinju di dalam Yakuza 0 terasa brutal namun nyeleneh, karena tak peduli seberapa sakit luka yang di terima oleh musuh, baik di tebas, di tusuk, maupun di tembak, mereka akan tetap baik baik saja setelah pertarungan selesai. Kederangannya memang aneh, namun ini lah yang membuat Yakuza Series spesial, sulit menanggapi setiap battle nya dengan serius.

Suasana Kota Yang Terasa Hidup

Satu hal yang selalu di salah pahami adalah Open-World, Yakuza Series bukanlah game Open-World, karena Setting tempat nya yang hanya sebatas dalam kota kecil Kamurocho dan Sotenbori, dan beberapa area yang tak bisa di akses. Namun walaupun bukan Open-World, keseluruhan Kota bisa di jelajahi dan di kunjungi, seperti Market, Club Malam, Arcade Game, Tempat Menonton Film Dewasa, hingga Karaoke. Dunia dalam Yakuza 0 terasa begitu hidup dan serasa dunia nyata.

Karaoke adalah salah satu Fitur yang paling di gemari oleh para fans Yakuza Series.

Side Quest Yang Nyeleneh

Bayangkan…

Kalian mendapat side quest di mana kalian mengejar seseorang yang mencuri game, game itu di curi secara marathon oleh 3 orang berbeda, dan rupanya pencuri terakhir itu adalah Ayah dari Pemilik Game tersebut.

Side Quest nyeleneh semacam di atas sudah menjadi ciri khas Yakuza Series sejak dulu dan di cintai oleh para fans nya, hanya melalui Side Quest lah kita bisa lebih mengerti dengan karakter yang kita mainkan, siapa sangka sosok muka brutal seperti Kiryu mau membantu masalah orang lain yang baru di temui, atau, kapan lagi melihat Goro rela bermain arcade demi memuaskan anak kecil yang baru ia temui? Maka tak aneh jika pemain hampir melupakan Main Story demi menamatkan semua Side Quest karena betapa unik nya setiap Quest-quest tersebut.

Reaksi Penulis menyadari Main Story yang terabaikan karena Side Quest.

Manis Dan Pahitnya

Manisnya: Plot yang Luar Biasa bagus dan emosional, Gameplay yang memuaskan, Suasana Kota begitu hidup, serta Side Quest yang menggelitik perut.

Pahitnya: Beberapa Boss akan terasa susah untuk di lawan, namun setelah mengumpulkan Uang untuk meng-upgrade style dan lain lain, malah terasa terlalu gampang.

Tips & Trick

Tips & Trick untuk game ini mungkin lebih sering mencari uang dengan menjalankan Side Quest atau melawan musuh di jalanan, dan Upgrade Style yang di rasa bakal sering di pakai, serta Health yang juga di Upgrade karena musuh yang semakin kuat dan mematikan. Perlu di ingat, musuh yang membawa senjata berupa Pistol dan Shotgun perlu di waspadai karena Damage yang di hasilkan kedua senjata itu cukup tinggi, kurang lebih 1/4 darah. Selalu ingat membawa stok Health Booster & Energy Booster, jika kalian mempunyai cukup uang, beli lah “Stamina Royale” sebanyak mungkin, simpan dalam Equipment Box beberapa, dan bawa lah terus kurang kebih 15 Botol.

Taste: 9/10

Overall, Yakuza 0 bisa di sebut sebagai Salah Satu Masterpiece milik Sega, salah satu game wajib yang harus kalian mainkan jika kalian penyuka Game dengan Story yang Kompleks. Game ini di tujukan untuk 18+ Karena beberapa konten dewasa yang terdapat di dalamnya. Penulis sangat merekomendasikan Yakuza 0 kepada kalian yang baru ingin bermain Yakuza Series karena game ini lah awal dari semua nya, Origin Story dari Dragon of Dojima dan Mad Dog of Shimano.

Yakuza 0 dapat di mainkan di PS4, Xbox One, dan PC. Yakuza 0 juga mendapat Diskon yang di Steam, kalian bisa membeli nya dengan harga Rp. 130 Ribu!

Dame Da Ne/10,0

Penulis : TofuGuy24

Tags: , , , ,

One thought on “Yakuza 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Share via
Copy link
Powered by Social Snap